Senin, 29 April 2013

BAHAN AJAR



BAHAN AJAR
A.         Pengertian Bahan Ajar
1.     Bahan ajar merupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan guru/instruktur untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/ instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis. ( National Center for Vocational Education Research Ltd/National Center for Competency Based Training).
2.    Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak sehingga tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar.
B.         Bentuk Bahan Ajar 
1. Bahan cetak seperti : hand out, buku, modul, lembar kerja siswa, brosur, leaflet, wallchart,.
2. Audio Visual seperti : video/film,VCD.
3. Audio seperti : radio, kaset, CD audio, PH.
4. Visual : foto, gambar, model/maket. 
5. Multi Media : CD interaktif, computer Based, Internet
C.         Cakupan Bahan Ajar 
Bahan Ajar meliputi: Judul, MP, SK, KD, Indikator, Tempat Petunjuk belajar (Petunjuk siswa/guru), Tujuan yang akan dicapai, Informasi pendukung, Latihan-latihan, Petunjuk kerja, Penilaian.
D.         Penyusunan Peta Bahan Ajar (Contoh Mapel Biologi)
SK: Siswa mampu memahami hakekat biologi Sebagai ilmu, menemukan obyek dan ragam persoalannya dari......
KD: Mempelajari ruang lingkup biologi, manfaat dan bahayanya.
Materi pembelajaran/ judul bahan ajar:
1.    Obyek Biologi
2.    Persoalan Biologi
3.     Tingkat organisasi kehidupan
4.    Permasalahan biologi Materi Pembelajaran/Judul bahan Ajar KD SK
5.    Manfaat biologi bagi manusia dan lingkungan.
E.   ALUR ANALISIS PENYUSUNAN BAHAN AJAR BAHAN AJAR
Standar Kompetensi:
1. Berkomunikasi lisan dan tertulis menggunakan ragam bahasa yang sesuai dengan lancar dan akurat dalam wacana interaksional dan/atau monolog terutama berkenaan dengan wacana berbentuk naratif, prosedur, spoof/recount, report, dan news item.
Kompetensi Dasar:
1.1.  Mendengarkan Memahami wacana transaksional dan interpersonal ringan dan/atau monolog lisan terutama berkenaan dengan wacana berbentuk report.
Indikator:
1.    Mengidentifikasi kelompok kata sifat.
Materi Pembelajan:
1.    Teks berbentuk report.
2.    Adjective phrase.
Kegiatan Pembelajaran:
1.    Mendiskusikan teks report yang didengar.
2.    Mengidentifikasi adjective phrase.
Bahan Ajar:
1.    LKS
2.    Modul
3.    Kaset
4.    dll.
F.      Lembar Kegiatan Siswa Lembar kegiatan siswa ( student work sheet ) adalah lembaran-lembaran berisi tugas yang harus dikerjakan oleh siswa. Lembar kegiatan berisi petunjuk, langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas. Tugas-tugas yang yang diberikan kepada siswa dapat berupa teori dan atau praktik. Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Langkah-langkah penulisan LKS sebagai berikut: Melakukan analisis kurikulum; SK, KD, indikator dan materi pembelajaran. Menyusun peta kebutuhan LKS, Menentukan judul LKS, Menulis LKS, Menentukan alat penilaian. Struktur LKS secara umum adalah sebagai berikut: Judul, mata pelajaran, semester, tempat, Petunjuk belajar, Kompetensi yang akan dicapai, Indikator, Informasi pendukung, Tugas-tugas dan langkah-langkah kerja, Penilaian.
  1. Perbedaan bahan ajar dan buku teks yaitu
1)   Bahan ajar Bahan ajar merupakan bahan atau materi pembelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan guru dan siswa dalam KBM.
2)   Buku teks merupakan sumber informasi yang disusun dengan struktur dan urutan berdasar bidang ilmu tertentu.
  1. Karakteristik Bahan ajar :
1)   Menimbulkan minat baca Ditulis dan dirancang untuk siswa.
2)   Menjelaskan tujuan instruksional.
3)   Disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel.
4)   Struktur berdasarkan kebutuhan siswa dan kompetensi akhir yang akan dicapai.
5)   Memberi kesempatan pada siswa untuk berlatih Mengakomodasi kesulitan siswa.
6)   Memberikan rangkuman.
7)   Gaya penulisan komunikatif dan semi formal.
8)   Kepadatan berdasar kebutuhan siswa.
9)   Dikemas untuk proses instruksional.
10)    Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari siswa Menjelaskan cara mempelajari bahan ajar.
  1. Karakteristik Buku teks :
1)   Mengasumsikan minat dari pembaca.
2)   Ditulis untuk pembaca (guru, dosen).
3)   Dirancang untuk dipasarkan secara luas.
4)   Belum tentu menjelaskan tujuan instruksional.
5)   Disusun secara linear Stuktur berdasar logika bidang ilmu.
6)   Belum tentu memberikan latihan.
7)   Tidak mengantisipasi kesukaran belajar siswa.
8)   Belum tentu memberikan rangkuman.
9)   Gaya penulisan naratif tetapi tidak komunikatif.
10)    Sangat padat.
11)    Tidak memilki mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pembaca.
  1. Jenis Bahan Ajar: Lembar informasi (information sheet), Operation sheet, Jobsheet Worksheet, Handout, Modul.
PENGEMBANGAN MODUL

A.      Pengertian Modul
Modul merupakan media atau sarana  pembelajaran yang berisi materi, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai standar kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat kompleksitasnya.
B.      Tujuan Penggunaan Modul
  1. Memperjelas dan mempermudah penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat  verbal.
  2. Mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan daya indera peserta didik dan pendidik.
  3. Meningkatkan motivasi dan gairah belajar bagi peserta didik atau peserta diklat;
  4. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berinteraksi langsung dengan lingkungan dan sumber belajar lainnya,
  5. Memungkinkan peserta didik belajar mandiri sesuai kemampuan dan minatnya.
  6. Memungkinkan peserta didik dapat mengukur atau mengevaluasi sendiri hasil belajarnya.
C.      Macam-macam Modul
1.    Modul berbentuk cetakan (buku)
-     kerangka penulisan modul dan pedoman penulisan modul.
2.     Modul berbentuk CD (Multimedia Interaktif)
-     kerangka pengembangan modul dan pedoman pengembangan modul multi media interaktif
D.      Karakteristik Modul
1.    Self Instructional
Peserta didik mampu membelajarkan diri sendiri, tidak tergantung pada pihak lain.
2.      Self Contained
Seluruh materi pembelajaran dari satu standar kompetensi atau kompetensi dasar yang dipelajari terdapat di dalam satu modul secara utuh
3.      Stand Alone
Modul manual / multimedia yang dikembangkan tidak tergantung pada media lain atau tidak harus digunakan bersama-sama dengan media lain
4.      Adaptif
Modul memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap perkembangan ilmu dan teknologi
5.      User friendly
Modul memenuhi kaidah bersahabat / akrab dengan pemakainya
E.       Hal-hal yang harus diperhatikan dalam Penulisan Modul
1.      Konsistensi
Dalam penggunaan :
a.    FONT
b.    SPASI
c.    TATA LETAK (LAYOUT)
2.      Bentuk dan Ukuran Huruf
a.    Bentuk dan ukuran huruf yang mudah dibaca
b.    Perbandingan huruf yang proporsional
c.    Hindari penggunaan huruf kapital untuk seluruh teks
3.      Format
a.    Format kolom tunggal atau multi
b.    Format kertas vertikal atau horizontal
c.    Icon yang mudah dipahami
4.      Pengorganisasian
a.    Tampilkan peta/bagan
b.    Urutan dan susunan yang sistematis
c.    Tempatkan naskah, gambar dan ilustrasi yang menarik
d.   Antar bab, antar unit dan antar paragraph dengan susunan dan alur yang mudah dipahami
e.    Judul, sub judul (kegiatan belajar), dan uraian yang mudah diikuti
5.      Daya Tarik
a.       Mengkombinasikan warna, gambar (ilustrasi), bentuk dan ukuran huruf yang serasi
b.       Menempatkan rangsangan-rangsangan berupa gambar atau ilustrasi, pencetakan huruf tebal, miring, garis bawah atau warna.
c.       Tugas dan latihan yang dikemas sedemikian rupa.
6.      Ruang (spasi kosong)
Gunakan spasi atau ruang kosong tanpa naskah atau gambar untuk menambah kontras penampilan modul
F.        Kerangka Modul
       Halaman Sampul
       Halaman Francis
       Kata Pengantar
        Daftar Isi
       Peta Kedudukan Modul
       Glosarium
                   I.          PENDAHULUAN
a.    Deskripsi
b.    Prasyarat
c.    Petunjuk Penggunaan Modul
1)   Penjelasan Bagi Peserta didik
2)   Peran Guru
d.   Tujuan Akhir
e.    Standar Kompetensi
f.     Cek Kemampuan Awal
           II.              PEMBELAJARAN
a.    Rencana Belajar Peserta didik
b.    Kegiatan Belajar
c.    Kegiatan Belajar 1
1.    Tujuan Kegiatan Pembelajaran
2.    Uraian Materi
3.    Rangkuman
4.    Tugas
5.    Tes Formatif
6.    Kunci Jawaban Formatif
7.    Lembar Kerja
d.   Kegiatan Belajar 2
e.     Kegiatan Belajar n
        III.              EVALUASI
a.    Cognitive Skill
b.     Psychomotoric Skill
c.    Affective Skill
d.    Produk / Benda Kerja Sesuai Kriteria Standar
e.    Batasan Waktu
f.     Kunci Jawaban
        IV.              PENUTUP
       DAFTAR PUSTAKA 

sumber: www.dikti.go.id/files/atur/KTSP-SMK/11.ppt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar