BAHAN AJAR
A.
Pengertian
Bahan Ajar
1. Bahan ajar merupakan informasi, alat dan teks
yang diperlukan guru/instruktur untuk perencanaan dan penelaahan implementasi
pembelajaran. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk
membantu guru/ instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di
kelas. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak
tertulis. ( National Center for Vocational Education Research Ltd/National
Center for Competency Based Training).
2. Bahan ajar adalah seperangkat materi
yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak sehingga tercipta
lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar.
B.
Bentuk
Bahan Ajar
1. Bahan cetak seperti : hand out, buku, modul, lembar kerja siswa, brosur, leaflet, wallchart,.
2. Audio Visual seperti : video/film,VCD.
3. Audio seperti : radio, kaset, CD audio, PH.
4. Visual : foto, gambar, model/maket.
5. Multi Media : CD interaktif, computer Based, Internet
1. Bahan cetak seperti : hand out, buku, modul, lembar kerja siswa, brosur, leaflet, wallchart,.
2. Audio Visual seperti : video/film,VCD.
3. Audio seperti : radio, kaset, CD audio, PH.
4. Visual : foto, gambar, model/maket.
5. Multi Media : CD interaktif, computer Based, Internet
C.
Cakupan
Bahan Ajar
Bahan Ajar meliputi: Judul, MP, SK, KD, Indikator, Tempat Petunjuk belajar (Petunjuk siswa/guru), Tujuan yang akan dicapai, Informasi pendukung, Latihan-latihan, Petunjuk kerja, Penilaian.
Bahan Ajar meliputi: Judul, MP, SK, KD, Indikator, Tempat Petunjuk belajar (Petunjuk siswa/guru), Tujuan yang akan dicapai, Informasi pendukung, Latihan-latihan, Petunjuk kerja, Penilaian.
D.
Penyusunan
Peta Bahan Ajar (Contoh Mapel Biologi)
SK:
Siswa mampu memahami hakekat biologi Sebagai ilmu, menemukan obyek dan ragam
persoalannya dari......
KD:
Mempelajari ruang lingkup biologi, manfaat dan bahayanya.
Materi
pembelajaran/ judul bahan ajar:
1. Obyek Biologi
2. Persoalan Biologi
3. Tingkat organisasi kehidupan
4. Permasalahan biologi Materi
Pembelajaran/Judul bahan Ajar KD SK
5. Manfaat biologi bagi manusia dan
lingkungan.
Standar
Kompetensi:
1. Berkomunikasi lisan dan tertulis menggunakan ragam bahasa yang sesuai
dengan lancar dan akurat dalam wacana interaksional dan/atau monolog terutama
berkenaan dengan wacana berbentuk naratif, prosedur, spoof/recount, report, dan
news item.
Kompetensi
Dasar:
1.1.
Mendengarkan
Memahami wacana transaksional dan interpersonal ringan dan/atau monolog lisan
terutama berkenaan dengan wacana berbentuk report.
Indikator:
1.
Mengidentifikasi
kelompok kata sifat.
Materi
Pembelajan:
1.
Teks
berbentuk report.
2.
Adjective
phrase.
Kegiatan Pembelajaran:
1.
Mendiskusikan
teks report yang didengar.
2.
Mengidentifikasi
adjective phrase.
Bahan Ajar:
1.
LKS
2.
Modul
3.
Kaset
4.
dll.
F. Lembar Kegiatan Siswa Lembar
kegiatan siswa ( student work sheet ) adalah lembaran-lembaran berisi tugas
yang harus dikerjakan oleh siswa. Lembar kegiatan berisi petunjuk,
langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas. Tugas-tugas yang yang
diberikan kepada siswa dapat berupa teori dan atau praktik. Lembar Kegiatan
Siswa (LKS) Langkah-langkah penulisan
LKS sebagai berikut: Melakukan analisis kurikulum; SK, KD, indikator dan
materi pembelajaran. Menyusun peta kebutuhan LKS, Menentukan judul LKS, Menulis
LKS, Menentukan alat penilaian. Struktur
LKS secara umum adalah sebagai berikut: Judul, mata pelajaran, semester,
tempat, Petunjuk belajar, Kompetensi yang akan dicapai, Indikator, Informasi
pendukung, Tugas-tugas dan langkah-langkah kerja, Penilaian.
- Perbedaan bahan ajar dan buku teks yaitu
1) Bahan ajar Bahan ajar merupakan
bahan atau materi pembelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan
guru dan siswa dalam KBM.
2) Buku teks merupakan sumber informasi
yang disusun dengan struktur dan urutan berdasar bidang ilmu tertentu.
- Karakteristik Bahan ajar :
1)
Menimbulkan
minat baca Ditulis dan dirancang untuk siswa.
2) Menjelaskan tujuan instruksional.
3) Disusun berdasarkan pola belajar
yang fleksibel.
4) Struktur berdasarkan kebutuhan siswa
dan kompetensi akhir yang akan dicapai.
5) Memberi kesempatan pada siswa untuk
berlatih Mengakomodasi kesulitan siswa.
6) Memberikan rangkuman.
7) Gaya penulisan komunikatif dan semi
formal.
8) Kepadatan berdasar kebutuhan siswa.
9) Dikemas untuk proses instruksional.
10)
Mempunyai
mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari siswa Menjelaskan cara
mempelajari bahan ajar.
- Karakteristik Buku teks :
1) Mengasumsikan minat dari pembaca.
2) Ditulis untuk pembaca (guru, dosen).
3) Dirancang untuk dipasarkan secara
luas.
4) Belum tentu menjelaskan tujuan
instruksional.
5) Disusun secara linear Stuktur
berdasar logika bidang ilmu.
6) Belum tentu memberikan latihan.
7) Tidak mengantisipasi kesukaran
belajar siswa.
8) Belum tentu memberikan rangkuman.
9) Gaya penulisan naratif tetapi tidak
komunikatif.
10) Sangat padat.
11) Tidak memilki mekanisme untuk
mengumpulkan umpan balik dari pembaca.
- Jenis Bahan Ajar: Lembar informasi (information sheet), Operation sheet, Jobsheet Worksheet, Handout, Modul.
PENGEMBANGAN
MODUL
A.
Pengertian Modul
Modul
merupakan media atau sarana pembelajaran yang berisi materi, metode,
batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang dirancang secara sistematis dan
menarik untuk mencapai standar kompetensi yang diharapkan sesuai
dengan tingkat kompleksitasnya.
B.
Tujuan Penggunaan Modul
- Memperjelas dan mempermudah penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbal.
- Mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan daya indera peserta didik dan pendidik.
- Meningkatkan motivasi dan gairah belajar bagi peserta didik atau peserta diklat;
- Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berinteraksi langsung dengan lingkungan dan sumber belajar lainnya,
- Memungkinkan peserta didik belajar mandiri sesuai kemampuan dan minatnya.
- Memungkinkan peserta didik dapat mengukur atau mengevaluasi sendiri hasil belajarnya.
C.
Macam-macam Modul
1. Modul berbentuk cetakan (buku)
- kerangka
penulisan modul dan pedoman penulisan modul.
2. Modul berbentuk CD (Multimedia Interaktif)
- kerangka
pengembangan modul dan pedoman pengembangan modul multi media interaktif
D.
Karakteristik Modul
1. Self Instructional
Peserta didik mampu membelajarkan
diri sendiri, tidak tergantung pada pihak lain.
2. Self Contained
Seluruh materi pembelajaran dari
satu standar kompetensi atau kompetensi dasar yang dipelajari terdapat di dalam
satu modul secara utuh
3. Stand Alone
Modul manual / multimedia yang
dikembangkan tidak tergantung pada media lain atau tidak harus digunakan
bersama-sama dengan media lain
4. Adaptif
Modul memiliki daya adaptasi yang
tinggi terhadap perkembangan ilmu dan teknologi
5. User friendly
Modul memenuhi kaidah bersahabat /
akrab dengan pemakainya
E.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam Penulisan Modul
1. Konsistensi
Dalam
penggunaan :
a. FONT
b. SPASI
c. TATA LETAK (LAYOUT)
2. Bentuk dan Ukuran Huruf
a. Bentuk dan ukuran huruf yang mudah
dibaca
b. Perbandingan huruf yang proporsional
c. Hindari penggunaan huruf kapital
untuk seluruh teks
3. Format
a. Format kolom tunggal atau multi
b. Format kertas vertikal atau horizontal
c. Icon yang mudah dipahami
4. Pengorganisasian
a. Tampilkan peta/bagan
b. Urutan dan susunan yang sistematis
c. Tempatkan naskah, gambar dan
ilustrasi yang menarik
d. Antar bab, antar unit dan antar
paragraph dengan susunan dan alur yang mudah dipahami
e. Judul, sub judul (kegiatan belajar),
dan uraian yang mudah diikuti
5. Daya Tarik
a. Mengkombinasikan warna, gambar
(ilustrasi), bentuk dan ukuran huruf yang serasi
b. Menempatkan rangsangan-rangsangan
berupa gambar atau ilustrasi, pencetakan huruf tebal, miring, garis bawah atau
warna.
c. Tugas dan latihan yang dikemas
sedemikian rupa.
6. Ruang (spasi kosong)
Gunakan spasi atau ruang kosong
tanpa naskah atau gambar untuk menambah kontras penampilan modul
F.
Kerangka
Modul
•
Halaman
Sampul
•
Halaman
Francis
•
Kata
Pengantar
•
Daftar Isi
•
Peta
Kedudukan Modul
•
Glosarium
I.
PENDAHULUAN
a. Deskripsi
b. Prasyarat
c. Petunjuk Penggunaan Modul
1) Penjelasan Bagi Peserta didik
2) Peran Guru
d. Tujuan Akhir
e. Standar Kompetensi
f. Cek Kemampuan Awal
II.
PEMBELAJARAN
a. Rencana Belajar Peserta didik
b. Kegiatan Belajar
c. Kegiatan Belajar 1
1.
Tujuan Kegiatan Pembelajaran
2.
Uraian Materi
3.
Rangkuman
4.
Tugas
5.
Tes Formatif
6.
Kunci Jawaban Formatif
7.
Lembar Kerja
d. Kegiatan Belajar 2
e. Kegiatan Belajar n
III.
EVALUASI
a. Cognitive Skill
b. Psychomotoric Skill
c. Affective Skill
d. Produk / Benda Kerja Sesuai Kriteria Standar
e. Batasan Waktu
f. Kunci Jawaban
IV.
PENUTUP
• DAFTAR PUSTAKA
sumber: www.dikti.go.id/files/atur/KTSP-SMK/11.ppt
sumber: www.dikti.go.id/files/atur/KTSP-SMK/11.ppt
Tidak ada komentar:
Posting Komentar